Pengertian ICT
Oleh Nurasmi
Definisi ICT
Teknologi Informasi adalah suatu
teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan,
menyusun, menyimpan,memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Manfaat ICT dan Penerapan ICT Dalam
Dunia Pendidikan
Hasil penelitian Kurniawati et,al
(2005) menunjukan bahwa pada umumnya pendapat guru dan siswa tentang manfaat
ICT khususnya edukasi net antara lain :
1) Memudahkan guru dan siswa dalam mencari sumber belajar alternatif,
2 ) Bagi siswa dapat memperjelas materi yang telah disampaikan oleh guru, karena disamping disertai gambar juga ada animasi menarik,
3) Dapat berlatih soal dengan memanfaatkan uji kompetensi,
4) Cara belajar lebih efisien,
5) Wawasan bertambah,
6) Meringankan dalam membuat contoh soal,
7) Mengetahui dan mengikuti perkembangan materi dan info-info lain yang berhubungan dengan bidang studi,
8)Membantu siswa dalam mempelajari materi secara individu selain disekolah,
9) Membantu siswa mengerti ICT.
Contoh lingkungan pendidikan yang telah mengimplementasikan dan pelopor ICT
dalam proses pendidikan adalah kampus UI dan ITB. ICT digunakan untuk informasi
tentang biaya kuliah, kurikulum, dosen pembimbing, atau banyak yang
lainnya.Kemudian pada masa sekarang sudah banyak sekali, bahkan hampir semua
lingkungan pendidikan terutama kampus dan sekolah menengah atas sudah
menerapkan ICT.1) Memudahkan guru dan siswa dalam mencari sumber belajar alternatif,
2 ) Bagi siswa dapat memperjelas materi yang telah disampaikan oleh guru, karena disamping disertai gambar juga ada animasi menarik,
3) Dapat berlatih soal dengan memanfaatkan uji kompetensi,
4) Cara belajar lebih efisien,
5) Wawasan bertambah,
6) Meringankan dalam membuat contoh soal,
7) Mengetahui dan mengikuti perkembangan materi dan info-info lain yang berhubungan dengan bidang studi,
8)Membantu siswa dalam mempelajari materi secara individu selain disekolah,
9) Membantu siswa mengerti ICT.
KONSEP DAN KARAKTERISTIK ICT
Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan. Teknologi Komunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi TIK adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Juga dapat berkomunikasi dengan biaya murah seperti fasilitas email yang dapat kita pergunakan dengan mudah di internet.
Perkembangan information and communication technology (ICT) atau yang lebih dikenal dengan teknologi informasi dan teknologi (TIK) yang sangat pesat memberikan dampak yang luar biasa pada kehidupan kita sehari-hari. Hampir semua aspek kehidupan, kini telah dimasuki oleh ICT/TIK dengan taraf yang berbeda-beda, tak terkecuali pada bidang pendidikan.
Menghadapi abad ke-21, UNESCO melalui “The International Commission on Education for the Twenty First Century” merekomendasikan pendidikan yang berkelanjutan (seumur hidup) yang dilaksanakan berdasarkan empat pilar proses pembelajaran, yaitu: Learning to know (belajar untuk menguasai pengetahuan), Learning to do (belajar untuk menguasai keterampilan ), Learning to be (belajar untuk mengembangkan diri), dan Learning to live together (belajar untuk hidup bermasyarakat). Untuk dapat mewujudkan empat pilar pendidikan di era globalisasi informasi sekarang ini, para guru sebagai agen pembelajaran perlu menguasai dan menerapkan TIK dalam pembelajaran di sekolah.
Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu:
(1) dari pelatihan ke penampilan,
(2) dari ruang kelas ke, di mana dan kapan saja,
(3) dari kertas ke “on line” atau saluran,
(4) dari fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, dan
(5) dari waktu siklus ke waktu nyata.
0 komentar:
Posting Komentar